nyekar makam raja sidabutar

gupala versi batak
travel date: 26 oktober 2013

"tubuh kaku tidak bergerak
 ingin hapus air matamu tapi aku tak bisa
 patung-patung kayu mengkilap
 pikiran mereka kosong memikul pilu"

#diorama-tulus

kebiasaan yang dilakukan di makam adalah nyekar, tabur bunga. sedangkan sekarang masuk makam dalam sebuah kunjungan wisata tanpa pemandu. dengan nisan-nisan yang menyimpan sejarah masa lalu di makam raja sidabutar. mau ngapain tanpa pemandu?

how to get there:
- lokasi makam berada di gang menanjak antara aktraksi sigale-gale dan museum tomok
- perhatikan sebelah kanan jalan yang ada patung penjaga dengan nuansa hitam-merah-putih di depan tangga masuk cz papan nama na cukup atas dan tertutup pohon sehingga susah terlihat

pengunjung diwajibkan memakai ulos sebelum masuk ke makam raja sidabutar. penggunaan kain ini ntah memang kewajiban sebelum bertemu raja atau ditujukan untuk memperkenalkan budaya batak ke wisatawan. walaupun disebut raja sidabutar, penamaan ini adalah gelar yang setara dengan kepala adat atau kepala desa.
kompleks makam
catatan sejarah menyebutkan bahwa raja sidabutar merupakan orang pertama yang menginjakkan kaki di pulau samosir. sedangkan sarkofagus -kubur batu- terbuat dari batu utuh merupakan desain dari raja sendiri. pada sarkofagus tersebut dipahat wajah sang raja dan permaisuri na, boru damanik. selain itu ada patung dan kubur lain di sekitar na. antara simbol atau makam raja sidabutar selanjut na.
bersama ibu-ibu angkat
khusus untuk sarkofagus hanya digunakan oleh raja sidabutar I dan II karena raja sidabutar selanjut na sudah memeluk agama nasrani dan mengunakan kubur bersimbol salib. sayang tempat ini tidak dikelola baik. pengunjung tidak bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang apa yang ada dan terkubur di sana. jika tidak menyewa pemandu mungkin kita tidak tahu mana makam raja pertama sebenar na. mungkin makam yang terlihat paling tua yang terkikis lumut. atau justru nisan terbesar yang dibangun sendirian? kalo memang ingin tau, ada baik na gunakan jasa pemandu -kemewahan yang ga mampu rhe bayar sebagai gembel traveler-. kecuali kalo cuma mau liat aja, seperti rhe pada awal na sebelum bertemu keluarga angkat sesaat di pintu masuk pulau samosir ini. makasih ibu-ibu baru :)
-***-
related posts: 
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment