wat saket, bukit buatan di tengah kota

miniatur bukit
travel date: 17 july 2013

"baby someday i'll find the way to say
  just what you mean to me
 but if that day never comes along
 and you don't hear this song
 i guest you'll never know"

#in a rush-blackstreet

jangan mudah percaya apa yang kau dengar, cz untuk mengetahui na kau harus melihat na langsung. pelajaran di akhir perjalanan yang akhir na membuktikan banyak na scam di bangkok. hampir aja jadi korban saat perjalanan ke wat saket. seorang bapak yang ngaku na guru berusaha menawarkan bantuan menemani kami berkeliling karena wat saket yang menjadi tujuan kami kata na sedang ditutup untuk perayaan keagaman. sedikit janggal di hari kerja dan jam pelajaran, kenapa bapak guru ini bisa keliaran di jalanan. tersadar oleh scam warning di bangkok, kami mengakhiri percakapan dengan orang ini. just info, ritual ziarah di tempat ini biasa na diadakan bulan november. jadi selain bulan itu harus na bisa normal dikunjungi.

how to get there:
- wat saket terletak di 1334 bat ban, pom prap sattru phai, krung thep maha nakhon 
- jarak yang nangung untuk naik angkok maupun jalan kaki dari khaosan road
masih bisa ditempuh dengan jalan kaki jika ada cukup waktu. sedangkan jika menggunakan angkutan umum harus 2x ganti bus plus jalan kaki dengan rute pendek atau 1 x naik bus plus jalan kaki dengan rute yang lebih panjang
- paling gampang menggunakan tuktuk. ntah kemahalan atau ga, tarif yang kami bayar dari khaosan road adalah 100 ฿
gong
untuk masuk ke wat saket dikenakan tarif 50 ฿. seperti sebelum-sebelum na kami lolos masuk tanpa harus membayar tiket. wat saket lebih dikenal dengan golden mount karena ada na bukit buatan tempat berada na chedi bewarna emas di puncak na. chedi ini memiliki ketinggian 58 meter dan menyimpan relik buddha yang kata na diperoleh dari india atau nepal

banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan wat saket karena pengunjung lebih mengenal na sebagai golden mount. pengunjung yang datang biasa na menggunakan tempat ini untuk mendapatkan pemandangan kota bangkok dengan pandangan 360 derajat. dari puncak na dapat dilihat juga grand palace di kejauhan. padahal wat saket awal na digunakan sebagai lokasi pemakanan dan kremasi.
kabut buatan
jalur menanjak disediakan selepas loket masuk. di bagian awal jalur dapat ditemukan kuburan yang tidak biasa, ditanamkan di bukit buatan ini. bahkan di jalur awal juga disemprotkan kabut buatan seakan untuk memperkuat kesan spooky yang ada selain dari tumbuhan yang rimbun di tebing na.

untuk bisa sampai ke puncak chedi kita harus mendaki 318 anak tangga yang dibuat dalam lintasan melingkar. dengan mengitari bukit maka jalur yang harus dilewati relatif mudah karena tidak curam. pemandangan di sepanjang jalur juga memanjakan mata dengan lintasan merah, dinding tebing putih dan langit biru di depan sana. sebuah kepuasan ketika sampai di puncak na -walau ga tinggi- menemukan chedi bewarna emas. lengkap. 
jalan ke puncak
selama perayaan loy krathong, biasa na november, chedi di sini ditutup dengan kain bewarna merah. selain itu kuil ini juga dihiasi dengan bendera warna-warni, lentera dan banyak penjual makanan. jika ingin mengunjungi na saat perayaan itu, kita harus berangkat lebih awal karena kabar na pengunjung bisa sangat ramai dan sangat susah untuk bergerak. 

sebagai pelengkap, di sini juga ada fasilitas perpustakaan dan toko souvenir. koleksi na unik dan tidak terlalu mahal. yang membuat menarik adalah souvenir yang dijual khusus tentang golden mount, tidak dicampur dengan souvenir khas thailand yang biasa na kita temui di banyak lokasi wisata. so cute :)
sweet couple
-***-
related posts:
-  full itinerary of this trip
previous: akulturasi hindu, buddha plus budaya china
- next: tanah abang na bangkok
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment