menikmati kuliner tahu susu lembang

pabrik tahu susu lembang
location: jalan raya lembang no 177

suatu kewajiban mengunjungi salah satu lokasi kuliner nge-hits di lembang. apalagi kalau bukan tahu susu lembang. maklum, walaupun sudah dibuka dari tahun 2008 tapi aku belum pernah mendatangi langsung lokasinya. selalu menerima tahu susu lembang sebagai buah tangan, sekarang saatnya mencoba langsung di pabriknya.

how to get there: 

- dari terminal leuwi panjang naik angkot kuning leuwi panjang-kalapa (4rb)
- dilanjutkan dengan angkot hijau kalapa-ledeng (5rb) turun di seberang sebelum angkot masuk ke terminal
- dari seberang terminal ledeng naik l300 arah lembang (6rb), turun langsung di depan 

rumah sosis dan factory outlet
hiasan caping langsung kutemui saat memasuki area tahu susu lembang. lokasi yang juga dijadikan spot foto oleh pengunjung. membawa nuansa tradisional di dalam kompleks yang juga terkena imbas modernitas ini. 

kompleks tahu susu lembang tidak hanya menjual tahu susu tapi merupakan sebuah kompleks kuliner dengan tahu susu sebagai pasar andalan. di bagian depan kompleks terdapat sebuah bus dengan bentuk menyerupai sosis yang tentunya menjual aneka olahan sosis dari rumah sosis. di belakangnya terdapat bangunan factory outlet yang menjual koleksi fashion khas bandung. sedangkan pabrik dan outlet tahu susu ada di bagian paling belakang bersebelahan dengan food court yang juga didesain dengan nuansa tradisional.
rumah produksi tahu susu lembang
di dalam pabrik, pengunjung maupun pembeli bisa melihat proses pembuatan tahu mulai dari pengolahan kedelai sampai menjadi tahu. bahan baku tahu susu tetap dari kedelai walau dalam pengolahannya ditambahkan susuyang juga menjadi salah satu produk andalan dari lembang. sari kedelai dan susu ini dicampur bersama mentega dan bahan lain sehingga menghasilkan tahu dengan tekstur yang lebih halus dan lembut.
tahu susu mentah
terdapat 2 pilihan tahu, original dan kuning. untuk tahu kuning, pewarna yang digunakan adalah pewarna alami dari kunyit. sedangkan untuk bentuknya di sediakan 4 pilihan, tahu bantal, tahu kotak, tahu panjang dan tahu kotak kecil. semuanya dijual dengan harga 25 ribu per kemasan, kecuali tahu bantal. tidak seperti tahu umumnya yang dibungkus dalam kemasan plastik, tahu susu dikemas sama dengan kemasan brownies. khusus untuk tahu bantal dibungkus dengan kemasan dari anyaman bambu.
tahu susu goreng
umur simpan tahu susu 2-3 hari. karena alasan ini aku lebih memilih untuk membeli tahu susu goreng yang dijual seharga 10 ribu per 12 biji. dapat langsung dinikmati hangat, langsung keluar dari penggorengan. rasanya guruh, lembut dan padat. tidak sepadat tahu sutra memang tapi lebih berisi dari tahu pada umumnya.

puas membawa sekantong tahu susu goreng saatnya mengeksplore kompleks tahu susu lebih lanjut. ternyata kompleks ini cukup luas sehingga cukup mudah menemukan lahan parkir untuk kendaraan roda empat. tidak hanya rumah produksi tahu susu yang dihias secara tradisional dengan bata merah timbul, sekitarannya juga dihias dengan nuansa tradisional. mulai dari pohon yang dihias dengan caping, rumah burung yang digantung di sekitaranfood court dan hiasan bambu di beberapa spot.

hiasan di sekitar rumah produksi
tidak hanya menjual tahu, kompleks ini juga menjual suasana seakan memang diperuntukkan untuk para pelancong. bagi kamu yang ingin mencari buah tangan bandung, di sini juga terdapat toko oleh-oleh yang menyediakan makanan ringan dan berbagai jenis keripik. jadi, sudah memutuskan apa yang ingin kau beli?
siap untuk petualangan lembang lainnya
-***-

related posts: 
- previous: tazkia guest house
- next: bosscha

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment