yang tersisa dari benteng a famosa

gerbang masuk benteng a famosa
travel date:
18 january 2014

"nothing was the same again
 all about where and when
 blowing our minds in our life unkind
 gotta love the bpm"

#great dj-the ting tings

siapa sangka bahwa benteng yang dulunya dibangun portugis di bawah perintah alfonso de abuquerque untuk melindungi kota a famosa -saat ini bernama melaka- dari serangan belanda sekarang hanya tersisa nama besarnya. reruntuhan pun tidak cocok untuk mendefinisikan tempat yang hanya menyisakan sebuah gerbang dan meriam di depannya sisa 7 tahun menerima gempuran dari belanda.

how to get there:
- turun dari bukit st. paul ke arah a famosa
- kaki bukit ini langsung mengarah ke benteng

benteng kota a famosa semula berupa bangunan 5 lantai yang digunakan sebagai pertahanan portugis untuk kota yang didudukinya. selain karena ketinggian bangunan, benteng ini juga dilengkapi dengan parit dan meriam-meriam besar sebagai kekuatan pertahanannya. benteng ini menunjukkan keberhasilannya sebagai perlindungan portugis di melaka selama 130 tahun sebelum kejatuhannya. kekalahan portugis sendiri bukan diakibatkan karena kemunduran kekuatan benteng melainkan penyakit malaria dan kelaparan yang menjangkit saat itu.
sisa benteng a famosa
sebagai pengunjung, aku hanya bisa menikmati sisa-sisa kemegahan dan nama besar ini. namun jika dilihat dari sejarah melayu, ternyata keberadaan benteng ini menyisakan sebuah kehilangan besar untuk mereka. dalam pembangunannya, makam leluhur-leluhur melayu diratakan, barang antik dan dokumen sejarah dimusnahkan sedangkan barang yang dianggap berharga diserahkan ke raja portugis. sejarah yang hilang digantikan dengan sejarah baru yang hampir hilang sebelum diselamatkan oleh sir thomas stamford raffles karena kecintaanya terhadap sejarah. raffles menyisakan sebuah gerbang sebagai pengingat adanya benteng ini.
seniman di dalam benteng a famosa
selain gerbang yang disisakan tersebut, benteng yang mengelilingi kota melaka saat ini meninggalkan reruntuhan lain di sisi-sisi kota. salah satu bentuk benteng yang masih tampak terdapat di sekitar dataran merdeka, samping sungai melaka. sedangkan sisa lain adalah sebuah gerbang yang saat ini yang disebut port de santiago yang dikelilingi meriam di sekitarnya. port de santiago-lah yang saat ini lebih dikenal dengan benteng a famosa. sama seperti bukit st. paul di sini juga banyak dijumpai seniman jalanan yang menunjukkan kemampuan bermusik mereka. jadi, apa yang menjadi pilihanmu untuk berkunjung ke sini?
-***-
related posts: 
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment