dag dig dug melintas jembatan cirahong

jembatan cirahong
"this is not about me
 i'm just telling you, how it be being young
 feel free living out freakers
 like a rock star shit, right brother?!"

#good time-bondan prakoso & fade2black

kami adalah orang yang mudah dibuat senang. hanya dengan menyeberang jembatan sepanjang 202 m ini saja kami sudah kegirangan. jembatan cirahong yang dibangun di atas sungai citanduy merupakan jalur penghubung kabupaten tasikmalaya dan ciamis. jembatan ini di bangun pada masa pemerintahan belanda dan memiliki 2 fungsi. bagian atas sebagai jembatan kereta sedangkan bagian bawah digunakan bagi pejalan kaki kala itu. ketinggian jembatan ini dari sungai citanduy adalah 46 meter dan disangga dengan 2 penyangga beton.
menuju jembatan cirahong
karena ditujukan bagi pejalan kaki, jembatan ini pun tidak terlalu lebar, hanya sekitar 2 meter. namun pada perkembangannya, jembatan cirahong kini juga dilewati oleh kendaraan seperti motor dan mobil. karena lebarnya yang sempit, maka kendaraan harus masuk ke dalam jembatan secara bergantian. mengapa masuk? karena jembatan bagian bawah ini berbentuk seperti terowongan yang dibangun dengan kontruksi besi baja yang cukup rangkap dan alas plat kayu. dilihat dari mulutnya, jembatan ini tampak seperti terowongan.

walaupun ukurannya sempit dan memakan waktu untuk menyeberang karena adanya buka tutup jalur, tetap saja banyak orang yang menggunakan jembatan ini karena merupakan jalur alternantif. rute terdekat ini sebenarnya sudah didukung dengan akses jalan aspal lebar dan halus, namun jembatan ini tetap tidak dapat diperlebar dan menjadi penghambat pada jalur alternatif ini. sedangkan jalur lain yang lebih lebar dirasa lebih memutar bagi beberapa pengguna jalan yang terbiasa menggunakan jalur ini.
jembatan 'terowongan' cirahong
menyeberangi jembatan ini cukup memicu adrenalin. selain karena ketinggiannya, kondisi jembatan juga menjadi salah satu alasan. alas kayu yang ada tidak terlalu rapat dengan sela di beberapa persambungan lembaran kayu. selain itu, lembaran kayu yang dipasang di atas lapisan dasar untuk memperkuat jembatan saat dilalui mobil juga tidak terpaku dengan benar di landasan jembatan. ada beberapa paku terlepas sehingga menyebabkan kayu terangkat saat menopang berat di ujungnya.

melintas jembatan cirahong dengan menggunakan sepada motor memiliki back sound tak-tuk-tak-tuk saat lembaran-lembaran kayu terlindas roda kendaraan. belum lagi keseimbangan yang harus diperhatikan selama melintasi jembatan karena kontur kayu yang tidak rata. ditambah kecepatan yang harus dijaga antara kendaraan di depan dan belakang supaya tidak terjadi kecelakaan. seakan menaiki wahana permainan, jembatan ini bukan area ugal-ugalan pastinya :D
sedangkan untuk menyeberang jembatan ini dengan berjalan kaki, harus jeli melihat kondisi jembatan. perlu trik khusus untuk melaluinya. kita tidak bisa menyeberang ketika mobil lewat karena lebar jembatan terpakai semua oleh mobil. kita masih melintasi jembatan ketika berpapasan dengan motor. hanya saja bersiaplah dengan goncangan yang timbul karenanya. 

mau melihat jembatan ini kosong? bisa. cobalah saat jeda antara arus kendaraan terakhir yang lewat sebelum arus kendaraan dari arah sebaliknya dimulai. berani? -***-
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Boleh juga tuh dicobain pergi jembatan cirahong...


    Salam kenal dr blogger ala2

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap-siap gps ya, yang sesungguhnya, bukan gunakan penduduk setempat

      salam kenal. kalo situ ala2, saya mah apa atu :D

      Delete