olahraga keluar masuk terowongan bawah tanah cu chi

masuk area cu chi tunnels
"let's marvin gave  and get it on
 you get the healing that i want
 just like they say it in the song
 until the dawn , let's marvin gave and get in on"

#marvin gave-charlie puth feat meghan trainor

warga saigon kini sudah merdeka dan tidak lagi berjuang melawan amerika melalui terowongan-terowongan kecil mereka. tetapi ingatan tentang perjuangan itu tentu pasti masih ada. bahkan lorong-lorong perjuangan ini pun kini diabadikan sebagai destinasi wisata selain pengingat perjuangan para pendahulu dalam perang vietnam

pejuang vietnam selatan yang lebih dikenal dengan sebutan viet cong ini melakukan perlawanan dengan membangun terowongan-terowongan bawah tanah sepanjang sekitar 250 kilometer. terowongan ini memembentang di bawah bahan dari perbatasan dengan kamboja sampai di bawah hutan-hutan vietnam selatan. salah satu terowongan yang masih dipertahankan ada di daerah cu chi, sekitar 1,5 jam perjalanan dari ho chi minh.
kamuflase arsitektur cu chi tunnels
setelah membeli tiket, pengunjung harus melalui perjalanan panjang menuju titik masuk. sebelum sampai ke titik masuk kami melewati camping ground, souvenir shop, restaurant bahkan lokasi menembak. sepertinya lokasi penjualan tiket didekatkan dengan titik akhir rute terowongan sehingga kami harus berjalan menjauh lebih dulu untuk masuknya.

begitu sampai di titik masuk kami -dengan pelajar vietnam kukenal dalam perjalanan- dibagi ke dalam 2 kelompok, lokal dan international. setelah diberikan stiker tanda masuk kami langsung digiring menuju hutan vietnam. sebaiknya persiapkan diri dengan obat anti serangga jika kau tidak tahan dengan gigitan mereka. sebelum memulai perjalanan ke menyusui terowongan, kami dikumpulkan dalam barak untuk menyaksikan pemutaran film dokumenter tentang perjuangan viet cong.
menjelajah bagian dalam cu chi tunnels
tentara viet cong menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan serangan mendadak dan melarikan diri. tidak hanya itu, berbagai fasilitas seperti kamar tidur, kamar perawatan, ruang makan, gudang bahkan ruang pertemuan. ukurannya pun disesuaikan dengan badan mereka. terdapat manikin tentara viet cong jika kau ingin membandingkan ukuran tubuh-yang kebetulan tidak lebih kecil dariku :D-. sebelum menjelajah lebih dalam ke terowongan-terowongan lain, pengunjung biarkan mencoba terowongan pendek lebih dulu. jika berani dipersilahkan mencoba jalur terowongan yang lain. jika tidak berani dapat menggunakan jalur pejalan kaki di atas permukaan tanah. 

ternyata terowongan pertama yang kami coba hanya sepanjang 5 meter, tidak pengap dan gelap seperti kubayangkan. bagian dalamnya tidak terlalu lembab dan sudah dilengkapi dengan penerangan. selain itu juga terdapat fentilasi udara yang dari luar disamarkan seperti batu dan lubang pengintai untuk menembak musuh yang disembunyikan dalam semak-semak
fasilitas di dalam cu chi tunnels
mungkin karena terowongan pertama masih perkenalan jadi cukup aman. namun setelahnya kau akan diajak menyusuri terowongan-terowongan lain dengan jalur yang lebih panjang menuju ruang-ruang di dalamnya. tentu saja ini tidak dapat dilakukan tanpa pemandu. salah belok sedikit kau tidak akan tahu kemana terowongan membawamu.

menjelajah cu chi tunnels merupakan salah satu kegiatan olahraga. bagaimana tidak jika kau harus keluar masuk lorong bawah tanah. melihat terangnya matahari sebelum kembali ke dalam lorong lembab dengan rute yang lebih panjang. jika naas kau pun akan berpapasan dengan kelelawar penghuni terowongan. untuk aku yang keluar masuk saja, melihat akhir terowongan adalah anugerah, bagaimana mereka yang bertahun-tahun tinggal di dalamnya selama perang. belum lagi mereka yang meninggal selama membangun terowongan ini.  katanya sekitar 45ribu pria dan wanita meninggal dalam pembangunan terowongan. pembangunannya saja ya, belum termasuk yang meninggal dalam perang.
mengenal budaya vietnam dari warga lokal
jumlah yang harus dibayar para pejuang untuk apa yang dapat dirasakan orang vietnam saat ini. pantaslah jika generasi penerus tetap mengenangnya melalui kunjungan ke lokasi ini. jika aku orang vietnam, aku akan merasa bangga karena banyak pelajar yang berkunjung atas kemauan sendiri ke lokasi-lokasi sejarah seperti ini. selain terowongan juga ada pameran foto perjuangan dan bekas bom, geranat maupun senjata yang digunakan selama perang. di akhir penjelajahan bawah tanah, kami disuguhi makanan yang dikonsumsi viet cong selama tinggal di sana. singkong rebus dan bumbu kacang goreng tumbuk yang dicampur dengan gula dan garam. rasanya nikmat setelah olahraga keluar masuk terowongan.

ternyata hidangan yang kami santap berbeda dengan yang disantap wisatawam lokal. untuk pengunjung lokal, pengelola menyediakan makanan dari singkong juga tapi dalam bentuk yang sudah diolah. aku mencobanya dari ha nany. selain itu aku juga mengetahui pose baru dalam berfoto dari huong ho dan tieu bach thu. bahwa pose tidak hanya peace ^^v atau chibi-chibi. di sana lebih familiar pose bibit bunga, mekar dan layu yang menggambarkan salah satu pesona negara mereka, lotus.

cảm tạ -am i write correctly?-
-***-
related posts:
- previous
- next
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Gilak itu lobangnya kecil banget kak, yang gendut-gendut bakalan susah masuk :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumaya gede itu, bule n arab aja bisa masuk. orang asia pasti lewat lah :)

      Delete